Selain Di Buat Rujak, Inilah 7 Manfaat Buah Kedondong yang Jarang Orang Tahu



Kalian tahu lotis atau rujak? jika tahu pasti tidak asing dengan buah yang satu ini, buang berwarna hijau yang rasanya kecut dan bijinya berduri lembut. Rasanya kecut-kecut enak. banyak orang yang suka emang karean rasa kecutnya. Yang bikin mimin kaget adalah banyak sekali manfaat yang bisa di ambil dari buah kedondong ini. 

Banyak orang yang kurang senang mengkonsumsi butir kedondong. Mungkin itu dikarenakan karena butir ini memiliki rasa yg masam, apalagi apabila masih mentah. Tapi di kembali masamnya rasa buah yang bernama ilmiah Spondias dulcis ini, tersimpan khasiat luar biasa yang mungkin poly orang tidak mengira lho.

Kedondong adalah galat satu jenis buah yg padat akan kandungan nutrisi sehingga sangat bermanfaat buat membantu menaikkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan seperti dilansir dari medindia.Net (04/03/2016) Hasil penelitian yang diterbitkan pada the Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2013 menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun kedondong memiliki sifat antimikroba, antioksidan, sitotoksik, dan trombolitik yg kuat.

Berikut inilah berbagai manfaat dari buah kedondong yang perlu Anda tahu dari sekarang :

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam satu porsi buah kedondong masih ada sekitar 30 mg kandungan vitamin C yg memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti menghasilkan sel-sel darah putih yang bermanfaat untuk melawan penyakit, menaikkan pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kedondong juga sarat akan antioksidan yg bisa membantu mencegah kerusakan radikal bebas & mempercepat proses penyembuhan.

Mempromosikan kesehatan pencernakan

Kedondong juga sarat akan kandungan serat yang bisa membantu memperbaiki perkara pencernakan seperti susah buang air besar . Bahkan misalnya dilansir dari ndtv.Com (08/06/2017) konsumsi ramuan herbal yang terbuat menurut ekstrak kulit pohon kedondong dapat membantu pada pengobatan penyakit diare & disentri. Caranya : panaskan lima gram kulit btg kedondong dengan 2 gelas air sampai mendidih, lalu saring dan minum ramuan tersebut.

Bisa Mengobati batuk Berdahak

Kedondong merupakan galat satu obat alami yg sangat efektif untuk menyembuhkan batuk. Caranya : Parut 2 atau 3 buah kedondong lalu peras dan ambil airnya. Tambahkan sedikit garam dan segeralah minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Selain buahnya, Anda pula bisa memakai daun kedondong buat mengatasi kasus ini, yaitu dengan mengungkep 3-4 lembar daun kedondong segar menggunakan 2 gelas air selama beberapa mnt ( hingga air mendidih ). Saring, tambahkan madu bila senang, kemudian minum ramuan tersebut.

Membantu menurunkan berat badan

Selain kaya serat, butir kedondong rendah lemak dan kalori lho. Jadi rajin konsumsi buah ini akan sangat membantu mensukseskan program penurunan berat badan Anda.

Bisa Mengatasi hipertensi

Menurut Dr. Lakshmi Senaratne, ketua ilmuwan (ayurveda) di Bandaranaike Memorial Ayurveda Research Institute sperti dikutip menurut island.Lk (30/06/2002) menyebutkan bahwa kedondong juga bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagi penderita tekanan darah tinggi, hancurkan satu butir kedondong mentah, taruh dalam gelas & dimkan semalam. Pagi berikutnya, saring air dari ekstrak kedondong tadi & minum.

Mempromosikan kesehatan mata

Kedondong merupakan asal vitamin A yang sangat baik. Dan misalnya yg kita ketahui bahwa vitamin A memiliki peranan yg sangat krusial pada persepsi visual. Vitamin A adalah retinol yang membantu mendistribusikan gambar yang diterima oleh retina mata. Dan bagi Anda yang saat ini sedang sakit mata, Anda sanggup memanfaatkan air rebusan daun kedondong buat mencuci mata Anda sebagai akibatnya meringankan perkara mata tadi.

Mempromosikan kesehatan kulit


Kandungan vitamin C pada butir kedondong bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu memperbaiki jaringan dan menutrisi kulit kita. Ini membantu menaikkan produksi kolagen dan menaikkan estetika kulit. Selain itu, air rebusan daun kedondong juga bisa membantu melembabkan kulit lho, jadi sanggup dijadikan menjadi alternative pengganti body lotion.



Itulah beberapa di antara sekian banyak manfaat butir kedondong bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.


Sumber: Ucnews

0 Response to "Selain Di Buat Rujak, Inilah 7 Manfaat Buah Kedondong yang Jarang Orang Tahu"

Post a Comment